Minggu, 20 Juni 2021

Ikan Kuah Kuning di Tempein

Haaaaiiii para pecinta masak-masak dan makan-makan.

Aku baru-baru ini lagi rajin masak. Sejak aku punya anak dan mereka udah pinter makan apa aja. 
Seneng banget bisa masak apa yang mereka suka. Dan lebih menyenangkan mereka suka apa yang aku masak. 

Kali ini aku mau masak IKAN KUAH KUNING di TEMPEIN.

Bahan bahannya gampang di dapat dan bumbunya juga kayak biasa aja.
Yuk cuss kita siapkan bahan-bahan dan bumbunya. 

Bahan :
• Ikan Dencis 1 kg, di siangi dan bersihkan lalu taburi garam dan perasan jeruk nipis.
• Tempe satu bungkus di potong dadu memanjang.

Bumbu : 
• Bawang Merah 8 siung
• Bawang Putih 3 siung
• Kemiri 2 butir
• Cabai Merah 2 buah
• Cabai Rawit 10 buah
• Sereh 1 buah Geprek
• Jahe 2 ruas ibu jari
• Lengkuas 2 ruas ibu jari
• Kunyit 2 ruas ibu jari
• Garam secukupnya
• Daun Salam
• Air bersih secukupnya
• Minyak secukupnya untuk menggoreng ikan dan menumis bumbu.
• Penyedap kalau suka. Aku skip


Cara Membuat :
• Ikan Dencis digoreng kering.
• Haluskan semua bumbu kecuali Cabai Rawit, Daun Salam dan Sereh. 
• Tumis bumbu halus, Daun Salam, Sereh dengan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. 
• Sampai aromanya keluar. Masukkan tempe yang sudah di potong dadu memanjang.  
• Tambahkan Air secukupnya
• Ketika Air mendidih. Kecilkan api dan masukkan ikan dan Cabai Rawit
• Tunggu sebentar hingga bumbu meresap ke ikan. Kemudian sisihkan ke tempatnya. 


Naaah.! Sedap dimakan dengan nasi panas dan sambal goreng. 

Anak-anakku lahap banget makan masakan aku yang satu ini. Bisa dicoba dirumah ini untuk para mommy. 


Untuk yang ingin temenan dengan aku bisa kunjungi aku di IG nya aku 
Yuk temenan bareng aku. 
Jangan lupa DM ya kalau ingin aku folback. 


Sampai jumpa lagi... 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar